A. Pendahuluan
Masa
belajar di perguruan tinggi adalah masa yang penting bagi pengembangan nilai
kepribadian. Anda akan ditantang menghadapi gagasan-gagasan dan filosofi baru.
Anda akan membuat keputusan-keputusan pribadi dan karir yang akan mempengaruhi hidupnya.
Salah satu pelajaran terpenting yang akan diperoleh di perguruan tinggi adalah
mengatur waktu antara bekerja, belajar dan bersantai. Bila anda mampu
mengembangkan manajemen waktu dan kemampuan belajar yang baik di awal masa
perkuliahan, maka tahun-tahun perkuliahan berikutnya akan dijalani dengan
sukses.
Belajar menguasai materi suatu kuliah tentu saja penting, namun mempelajari
cara belajar dan berpikir yang kritis, dalam beberapa hal, jauh lebih penting.
Seperti usaha-usaha lainnya dalam kehidupan, upaya untuk berpikir kritis dan
belajar efesien pada awalnya membutuhkan usaha dan waktu tambahan, tetapi
ketika telah dikuasai, kemampuan-kemampuan tersebut akan menghemat banyak waktu
anda di masa depan.
Banyak fakta yang menunjukkan bahwa mahasiswa-mahasiswa yang sukses secara
akademis juga merupakan mahasiswa-mahasiswa yang sangat sibuk. Karena mereka
memiliki banyak pekerjaan atau aktivitas ekstra-kurikuler, mereka harus dan
mampu mengatur waktu secara efektif dan belajar efesien.
Salah satu
kunci utama untuk sukses dalam belajar di perguruan tinggi adalah menghindari menunda-nunda pekerjaan.. Dengan menentukan
tujuan-tujuan yang jelas dan spesifik serta bekerja mencapainya dalam
keteraturan, anda akan mampu mengurangi keinginan untuk menunda-nunda tersebut.
B.
Beberapa pengertian
Menurut Pourwadarminta (1976):
- Pikir : akal budi, pendapat
- Berpikir: menggunakan akal budi untuk mempertimbangkan,
memutuskan dsb. sesuatu.
- Cerdas: sempurna perkembangan akal budinya (pandai,
tajam pikiran dsb)
- Cerdik: lekas mengerti dan pandai mencari akal; pintar;
berakal; panjang akal.
- Licik: banyak akal yang buruk. Kelicikan: kepandaian memutar
balik perkataan.
- Kritis:
berusaha menemukan kesalahan atau kekeliruan
- Ilmiah:
bersifat ilmu; secara ilmu pengetahuan
Jadi definisi di atas maka dapat
disimpulkan bahwa:
- Berpikir ilmiah adalah menggunakan akal budi untuk
mempertimbangkan, memutuskan, mengembangkan dsb. secara ilmu pengetahuan
(berdasarkan prinsip-prinsip ilmu pengethuan. Atau menggunakan prinsip-prinsip
logis terhadap penemuan, pengesahan dan penjelasan kebenaran.
- Berpikir cerdik adalah menggunakan akal budi agar cepat
mengerti suatu permasalahan yang sedang dihadapi dan mampu memberikan
solusinya secara cepat dan tepat.
- Berpikir kritis adalah menggunakan akal budi untuk
menelaah sesuatu dengan hati-hati. Berpikir kritis didefinisikan sebagai
ketetapan yang hati-hati dan tidak tergesa-gesa untuk apakah kita
sebaiknya menerima, menolak atau menangguhkan penilaian terhadap suatu
pernyataan dan tingkat kepercayaan dengan mana kita menerima atau
menolaknya.
- Berpikir cerdik, kritis dan ilmiah adalah cara berpikir
dengan menggunakan prinsip-prinsip logis, hati-hati, cepat dan tepat untuk
menelaah suatu pernyataan atau permasahan, serta memberikan solusi
yang cepat dan tepat.
- Proses berpikir adalah suatu refleksi yang teratur dan
hati-hati. Proses berpikir lahir dari suatu rasa sangsi (atau
keyakinan) terhadap sesuatu dan keinginan untuk memperoleh suatu
ketentuan, yang kemudian tumbuh menjadi suatu masalah yang khas. Masalah
ini memerlukan pemecahan dan untuk itu dilakukan penyelidikan terhadap
data yang tersedia dengan metode yang tepat. Berpikir mengandung 2
unsur penting yaitu unsur logis dan unsure analitik.
C.
Mengembangkan kemampuan berpikir cerdik
Berpikir
cerdik berbeda dengan berpikir licik. Berpikir cerdik berarti kita
menggunakan akal budi untuk mendapatkan cara-cara yang baik untuk mengatasi
suatu permasalahan. Berbeda dengan berpikir licik yang berusaha menggunakan
akalnya untuk mencari cara yang buruk untuk memutarbalikkan fakta. Memang,
kadangkala amat sulit membedakan antara berpikir cerdik dan licik.
Simak
ceritera “Si Kancil”
Ketika
si Kancil tertangkap petani dan dikurung dalam “kurungan” ia tidak panik. Ia
sadar bahwa ia akan di sembelih untuk santapan “sang Petani”. Ia kemudian
berpikir bagaimana caranya melepaskan diri. Ia kemudian melihat kurungan dan
menyimpulkan bahwa ia tidak mungkin mampu membuka kurungan. Apa akal? Selagi ia
berpikir datanglah seorang anjing. Pada saat itu terlintaslah sebuah ide.
“Ngapain
kau kancil”, tanya anjing.
“Aku
mau dijadikan mantu oleh pak Tani”, jawab si Kancil.
“Enak
ya kamu Cil”, si Anjing iri.
“Kamu
mau dijadikan mantu?”, si Kancil memancing.
“Mau!”,
jawab anjing.
“Kalau begitu, kau masuk ke dalam kurungan ini”, kata si
Kancil.
“Okey”, kata anjing dengan gembira.
Simak pula
ceritera Abunawas berikut ini.
Baginda Raya Harun Al Rasyid memanggil Abunawas untuk meminta nasehat karena ia
sudah sebulan tidak berselera makan. Abunawas berpikir sejenak.
“Baginda, hamba punya saran. Di hutan Tutupan, ada kijang berbulu putih yang
dagingnya sangat lezat. Baginda pasti sembuh. Syaratnya Baginda harus
menangkapnya sendiri”, kata Abunawas.
“Baik, besok kita berangkat”, kata Baginda
Merekapun pergi
berburu melalui jalan yang rumit. Baginda tampak lelah, haus dan lapar.
Abunawas kemudian pergi memancing dan mendapatkan beberapa ekor ikan yang
kemudian diberi garam dan asam serta memanggangnya. Bau harum semakin membuat
baginda lapar.
“Mari kita makan, Baginda”, ajak Abunawas.
“Baik”, Baginda sangat berselera, dan memakan habis ikan tersebut.
“Belum pernah
aku memakan masakan selezat ini”. Mari kita lanjutkan berburunya”, ajak
Baginda.
“Maaf Baginda kijang itu tidak ada”, jawab Abunawas.
“Lalu bagaimana dengan kesembuhan saya”, tanya Baginda.
“Baginda telah sembuh dari penyakit baginda”, jawab Abunawas.
Dari ceritera
itu, dapat kita baca bahwa si Kancil berusaha menggunakan akal pikirannya untuk
memecahkan masalah yang dihadapi. Ia berhasil menemukan ide dengan cepat
meskipun ia harus mengorbankan pihak lain. Cerdik atau licik?
Berbeda dengan ceritera kedua dimana Abunawas dalam waktu
yang singkat mampu mencarikan solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi
oleh Baginda. Meskipun ceritera itu agak konyol, dapat dinyatakan bahwa
Abunawar mampu berpikir cerdik. Memecahkan masalah dengan tepat dalam waktu
yang cepat.
C.1. Strategi berpikir cerdik
Ada 8 strategi yang dapat mendorong cara berpikir
anda lebih produktif untuk memecahkan masalah:
- Lihatlah
persoalan anda dengan berbagai cara yang berbeda dan cari perspektif baru
yang belum perbah dipakai oleh orang lain (atau belum diterbitkan).
- Bayangkan
- Hasilkan! Karakteristik anak jenius yang membedakan
adalah produktivitas.
- Buat kombinasi-kombinasi baru. Kombinasikan, dan
kombinasikan ulang ide-ide, bayangan-bayangan dan pikiran-pikiran ke dalam
kombinasi yang berbeda, tidak peduli akan keanehan atau ketidakwajaran.
- Bentuklah hubungan-hubungan; buatlah hubungan antara
persoalan-persoalan yang berbeda.
- Berpikir secara berlawanan
- Berpikir secara metafora
- Persiapkan diri anda untuk menghadapi kesempatan.
D.
Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis
Hanya
sedikit hal dalam hidup ini yang berupa hitam dan putih. Sehingga sangat
penting untuk mampu melihat segala sesuatu dari berbagai sisi hingga mampu
mencapai kesimpulan yang logis. Salah satu hal penting yang akan anda pelajari
di perguruan tinggi adalah berpikir kritis dan tidak menerima apa
yang anda lihat dan dengar secara seketika. Berpikir kritis sangat penting
dalam mempelajari materi baru dan mengaitkannya dengan apa yang telah anda
ketahui. Meskipun anda tidak mengetahui semuanya, anda dapat belajar untuk
bertanya secara efektif dan mencapai kesimpulan yang konsisten dengan fakta.
·
Ketika anda
menjumpai fakta, gagasan atau konsep baru, pastikan anda memahami dan
mengetahui istilah-istilah yang ada.
·
Pelajari bagaimana fakta atau informasi diperoleh. Apakah diperoleh dari
percobaan, apakah percobaan tersebut dilakukan dengan baik dan bebas bias? Dapatkah percobaan itu diulangi?
·
Jangan terima semua pernyataan pada secara seketika. Apakah sumber informasi tersebut
dapat dipercaya?
·
Pertimbangkan apakah kesimpulan mengikuti fakta? Bila fakta tidak
mendukung kesimpulan, ajukan pertanyaan dan tentukan kenapa demikian. Apakah
argumen yang dipergunakan logis atau mengambang?
·
Terbuka terhadap gagasan baru. Contoh terkenal adalah teori tektonik
lempeng. Meskipun prinsip-prinsip dasarnya telah diketahui pada awal abad 20,
namun teori tersebut baru diterima kalangan luas setelah tahun 1970-an setelah
bukti-bukti yang berlimpah.
Lihatlah pada gambaran yang besar untuk menentukan bagaimana berbagai
unsur dalam topik tersebut dihubungkan. Sebagai contoh, bagaimana pembangunan
sebuah bendungan akan mempengaruhi bentuk sungai? Apa yang akan terjadi pada
pantai di mana sungai tersebut bermuara? Salah satu pelajaran yang sangat
penting (yang juga membedakan geologi dengan ilmu lainnya) adalah bagaimana
saling keterkaitan dan ketergantungan berbagai sistem di Bumi ini. Ketika
anda mengubah salah satu, anda akan mengubah berbagai hal lainnya pula.
C.1. Karakteristik pemikir kritis
-
jujur terhadap diri sendiri
-
melawan manupulasi
-
mengatasi kebingungan (confusion)
-
mereka selalu bertanya
-
mereka mendasarkan penilaiannya pada bukti
-
mereka mencari hubungan antar topik
-
mereka bebas secara intelektual
C.2.
Strategi untuk membaca secara kritis
Tanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut pada diri anda sendiri:
-
Apa topiknya?
-
Kesimpulan apa yang diambil oleh pengarang tentang topik tersebut?
-
Alasan-alasan apa yang diutarakan pengarang yang dapat dipercaya?
-
Apakah pengarang menggunakan fakta atau opini?
-
Apakah pengarang menggunakan kata-kata netral atau emosional?
E. Mengembangkan berpikir ilmiah
Sejak sekolah dasar sampai perguruan
tinggi (terutama di perguruan tinggi) pelajar itu diajar agar berpikir ilmiah,
yaitu berpikir logis-empiris. Di perguruan tinggi, sebelum mahasiswa mengadakan
penelitian untuk menulis skripsi atau tugas akhir, mereka belajar Metodologi
Riset, di situ mereka pasti diajari metode ilmiah (scientific method). Rumus
metode ilmiah ialah logico-hypotetico-verificatif. Artinya, sesuatu yang benar
itu haruslah logis dan didukung data empiris. Metode ilmiah inilah yang
merupakan grand theory yang darinya diturunkan metode-meatode penelitian. Rumus
logico-hypotetico-verifikatif adalah tulang punggung teori penelitian ilmiah,
sedangkan penelitian ilmiah itu adalah cara yang sah dalam memperoleh kebenaran
ilmiah.
E.1. Metode ilmiah
Kerja memecahkan masalah akan sangat berbeda antara seorang sarjana
dengan seorang awam. Seorang sarjana selalu menempatkan logika serta
menghindarkan diri dari pertimbangan subyektif. Sebaliknya bagi orang awam,
kerja memecahkan masalah dilandasi oleh campuran pandangan perorangan ataupun
dengan apa yang dianggap masuk akal oleh banyak orang.
Dalam menelaah, seorang sarjana dapat saja mempunyai teknik, pendekatan ataupun
cara yang berbeda dengan seorang ilmuwah lainnya. Tetapi kedua sarjana tersebut
tetap mempunyai satu falsafah yang sama dalam memecahkan masalah, yaitu
menggunakan metode ilmiah.
Dapat didefinisikan bahwa metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip-prinsip
logis terhadap penemuan, pengesahan dan penjelasan kebenaran. Metode ilmiah
dalam menelaah atau meneliti mempunyai criteria serta langkah-langkah tertentu
dalam bekerja, seperti tertera dalam skema di bawah ini.
Metode Ilmiah
|
Kriteria
|
Langkah-langkah
|
|
|
Sistematika dalam metode ilmiah sesungguhnya merupakan manifestasi
dari alur berpikir yang dipergunakan untuk menganalisis suatu
permasalahan. Alur berpikir dalam metode ilmiah memberi pedoman kepada
para ilmuwan dalam memecahkan persoalan menurut integritas berpikir deduksi dan
induksi.
E.2. Pola berpikir induktif dan deduktif
Pada hakekatnya, berpikir secara ilmiah merupakan gabungan antara penalaran
secara deduktif dan induktif. Masing-masing penalaran ini berkaitan erat dengan
rasionalisme atau empirisme. Memang terdapat beberapa kelemahan berpikir secara
rasionalisme dan empirisme, karena kebenaran dengan cara berpikir ini bersifat
relatif atau tidak mutlak. Oleh karena itu, seorang sarjana atau ilmuwan
haruslah bersifat rendah hati dan mengakui adanya kebenaran mutlak yang tidak
bisa dijangkau oleh cara berpikir ilmiah.
Induksi merupakan cara berpikir untuk menarik suatu
kesimpulan yang bersifat umum dari kasus-kasus yang bersifat individual.
Sementara deduktif merupakan cara berpikir yang berpangkal dari pernyataan
umum, dan dari sini ditarik kesimpulan yang bersifat khusus.
Contoh induktif
Contoh 1.
Proposisi 1: Si
A “titip tanda tangan daftar hadir” pada si C agar memenuhi syarat kehadiran
kuliah 75% untuk dapat mengikuti ujian.
Proposisi 2:
Karyawan X nampak bekerja giat pada saat mandornya mengawasinya, tetapi jika
tidak diawasi ia santai saja.
Proposisi 3:
Dosen Q “titip” mencetakkan kartu hadirnya ke dalam time recorder agar
tidak ketahuan kalau datangnya tidak pagi dan pulangnya belum siang.
Proposisi 4:
Pada saat rapat Kepala Bagian, K tidak pernah mengajukan keberatan-keberatan
karena takut dianggap pembangkang dan tidak loyal.
Kesimpulan:
Sikap munafik (hipokrit) terjadi karena ketakutan akan sangsi.
Contoh 2.
Proposisi 1: Si
T selalu mengikuti kuliah karena menganggap kuliah yang diberikan dosen itu
menarik dan amat penting isinya.
Proposisi 2: Si
U selalu hadir mengikuti penataran walaupun ia menganggap isinya tidak berguna
baginya, karena penataran itu menjadi salah-satu syarat bagi kenaikan
pangkatnya.
Proposisi 3: Si
Z selalu mengikuti kuliah Pak Q karena ia takut jika tidak hadir akan
merusakkan hubungannya dengan keponakan Pak Q
Kesimpula 1:
Kesediaan mengikuti kegiatan pendidikan tergantung pada persepsi mengenai
manfaatnya.
Kesimpulan 2:
Motif orang mengikuti kegiatan pendidikan tidak selalu sama.
Kesimpulan-kesimpulan
di atas bisa ditingkatkan menjadi teori:
Teori 1:
Kemunafikan terjadi karena sikap otoriter atasan.
Teori 2:
Kesediaan melakukan sesuatu dipengaruhi oleh persepsi mengenai manfaat sesuatu.
Teori 3:
Motivasi orang melakukan sesuatu tidak selalu sama.
Jika ketiga
teori itu dipadukan, akan menjadi kesimpulan yang bunyinya: “Perilaku seseorang
tergantung pada situasi, persepsi dan motivasi.
Contoh deduktif
Contoh 1.
Proposisi 1:
Perilaku merupakan fungsi motif (teori: asumsi)
Proposisi 2: Banyak
mahasiswa tidak mau aktif dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan. (perilaku:
gejala empirik).
Kesimpulan: Ada
motif mengapa mahasiswa tidak mau aktif dalam organisasi kemahasiswaan.
Cohtoh 2.
hjgvhjbjhProposisi 2:
Peran guru-guru dalam kegiatan administrasi pendidikan sangat tinggi.
Kesimpulan:
Atasan para guru bersikap demokratik.
Contoh
mendedusi yang salah
Proposisi 1:
Manusia merupakan makhluk social yang suka hidup berkelompok dan ada pemimpin
di dalamnya.
Preposisi 2:
Semut suka hidup berkelompok dan di dalamnya ada pemimpinnya.
Kesimpulan:
Manusia itu tergolong semut.
Kesimpulan
Sebagai seorang sarjana atau ilmuwan, kita dituntut berpikir cerdik, kritis dan
ilmiah dalam menghadapi persoalan-persoalan hidup. Namun sebagai seorang
sarjana kita juga dituntut untuk mempunyai sifat rendah hati, karena kebenaran
yang diperoleh melalui proses berpikir tersebut bersifat relatif.