Selasa, Juli 03, 2012

Bagian- bagian Tubuh Manusia serta Perawatannya

  1. Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya


Wahai Mufadhdhal! Renungkanlah struktur organ tubuh manusia yang sebagian darinya telah diciptakan secara berpasangan dan yang lain secara tunggal (satu tidak memiliki pasangan) –sungguh betapa banyak- hikmat dan rahasia yang terkandung di dalamnya! Kepala adalah salah satu organ tubuh yang tunggal, sangat tidak maslahat bagi manusia apabila ia memiliki lebih dari satu kepala, karena dengan satu kepala seluruh indera yang dibutuhkannya telah terpenuhi, oleh karena itu apabila manusia memiliki satu kepala lagi selain hal ini hanyalah sia-sia, keteraturan tubuh manusiapun akan tekacaukan. Pada hakikatnya tubuh manusia akan terbagi menjadi dua apabila ia memiliki dua kepala –dan ia akan memiliki dua mulut-, jika ia berbicara dengan menggunakan salah satu dari mulutnya, maka satu mulutnya yang lain akan sia-sia, jika ia berbicara dengan menggunakan kedua mulutnya dengan kata-kata serta kalimat yang sama, maka salah satu dari anggota tubuhnyapun akan sia-sia, dan apabila ia berbicara sesuatu dengan menggunakan salah satunya dan yang satunya lagi berbicara sesuatu yang berbeda, maka pendengar akan bingung ucapan yang mana yang harus ia perhatikan, selain ini masih banyak lagi kerancuan lainya.
Tangan diciptakan secara berpasangan, apabila manusia hanya memiliki satu tangan maka ia tidak akan banyak mendapat keuntungan dan dalam kehidupan sehari-harinya ia akan mengalami banyak kesulitan. Apakah engkau tidak melihat apabila salah satu tangan tukang kayu atau tukang batu lumpuh, maka sudah jelas ia tidak akan mampu mengerjakan pekerjaannya dengan baik, seandainya ia berusaha keraspun, tetap ia tidak akan mendapatkan hasil sebaik hasil pekerjaan yang dikerjakannya dengan kedua tangan.
Cara menciptakan alat perangkat suara
Wahai Mufaddhal! perhatikanlah suara dan ucapan manusia dan bagaimana proses pembentukannya! Tengorokan bagaikan pipa sebagai jalan keluarnya suara, lidah, bibir dan gigipun membantu membentuk huruf-huruf dan nada-nada tertentu. Apakah engkau tidak melihat apabila seseorang tidak memiliki gigi maka ia tidak akan bisa mengucapkan Siin, jika ia tidak memiliki bibir –bibirya cacat- maka ia tidak akan bisa mengucapkan Kaaf dengan benar, dan jika lidahnya berat -cadel- maka ia tidak akan dapat mengucapkan Roo’ dengan benar.
Organ-organ ini sangat serupa dengan alat musik tiup, tenggorokan menyerupai pipanya, paru-paru menyerupai katup tempat meniupkan angin, urat-urat yang menekan paru-paru untuk mengeluarkan suara seperti jari-jari tangan yang menekan pada katup agar angin dapat masuk ketika ditiupkan, dua buah bibir dan gigi-gigi yang mengatur suara menjadi huruf-huruf dan nada-nada tertentu seperti jari-jari tangan yang menari diatas lubang-lubang pipanya seraya mengeluarkan nada-nada dan melodi tertentu. Akan tetapi, walaupun perangkat suara manusia menyerupai alat musik tiup, namun sebenarnya alat musik tiuplah -yang di buat- menyerupai perangkat suara manusia.

Manfaat yang lain dari organ-organ mulut
Aku telah menerangkan kepadamu akan proses pembentukan suara hingga manusia dapat berbicara, akan tetapi masih banyak manfaat-manfaat lain yang kau butuhkan yang terkandung di dalamnya.
Tenggorokan adalah jalan keluar masuknya udara kedalam paru-paru dan nafas yang berkesinambungan ini menjaga hati agar selalu tetap segar, yang mana jika nafas ini tersumbat manusia pun akan mengalami kematian. Dengan lidah, rasa dapat dicicipi dan dapat dibedakan antara yang manis dan yang pahit, yang asam dan yang sepat, yang asin dan yang tawar, yang lezat dan yang tidak lezat. Selain itu lidahpun –dengan air liurnya- memudahkan proses penelanan makanan dan minuman.
Gigi-gigi (selain dapat membentuk huruf tertentu) ia juga bertugas mengunyah makanan sampai halus hingga mudah untuk ditelan, iapun sebagai tempat bersandarnya kedua bibir yang menjaga dan menahan bibir dari dalam mulut, tidak diragukan lagi engkau telah melihat orang-orang yang tidak memiliki gigi, maka bibir mereka tidak kokoh –menjorok kedalam- dan bergetar. Dengan kedua bibir, manusia dapat menjaga air yang diminumnya agar tidak tumpah sekaligus dan dengan perlahan airpun dapat mengalir kedalam perut sesuai kapasitasnya sehingga tidak tersekat di kerongkongan dan tidak membahayakan lambung. Dua buah bibir merupakan dua pintu bagi mulut, kapan saja seorang menghendakinya ia dapat menutup dan membukanya.
Dari apa yang telah lalu, dapat diketahui bahwasannya setiap organ tubuh memiliki beragam manfaat bagaikan sebuah alat yang dapat digunakan untuk beragam pekerjaan, contohnya seperti kampak yang dapat digunakan untuk memotong kayu, menggali dll.

Otak manusia, tengkorak dan yang melindunginya
Apabila segala penghalang tersingkap dan engkau dapat melihat otak, engkau akan mengetahui bahwasannya ia dilapisi dengan berbagai penjagaan hingga ia dapat tetap kokoh dan terjaga dari segala bahaya, tengkorak kepala bagaikan topi pengaman yang menjaga otak dari segala benturan hingga tidak mudah terluka. Demikian juga kulit kepala manusia dihiasi dengan banyak rambut yang menjadi pelindung kepala dan menjaganya dari panas dan dinginnya cuaca. Siapakah yang menjaga otak sedemikian rupa? tidak lain kecuali Zat yang telah menciptakannya dan menjadikannya sebagai pengatur segala perasan –manusia-, dikarnakan fungsinya yang sangat vital dan posisinya yang sangat penting bagi tubuh manusia serta kesensitifan yang dimilikinya maka ia layak untuk dijaga dan dilindungi –dengan ketat-. Siapakah gerangan yang telah meletakkannya di tempat yang sangat kokoh dan aman seperti ini?

Keagungan pada kelopak mata
Wahai Mufaddhal! perhatikanlah kelopak mata manusia dan berfikirlah bagaimana ia telah diciptakan bagaikan tirai yang menutupi kedua mata, di sebelahnya terdapat kerutan dan lingkaran yang telah dirancang dan disiapkan –sedemikian rupa- hingga kapan saja seorang menghendaki ia dapat membukanya, bola matapun telah diletakkan di dalam kedua lubang tengkorak mata, ia pun dibekali dengan kelopak dan bulu mata yang akan selalu menjaganya.

Hati dan pelindungnya
Wahai Mufaddhal! Siapakah yang telah meletakkan hati manusia ditengah-tengah dada dan menyelimutinya dengan tulang iga dan bermacam tirai yang sangat kokoh, daging serta kulit pun turut menjaganya dari segala bahaya.

Dua lubang di tenggorokan
Siapakah yang telah menciptakan dua lubang di dalam tenggorokan, satu untuk keluarnya suara yang menyambung ke paru-paru dan yang satunya lagi adalah untuk saluran makanan yang menyambung ke lambung. Siapakah yang menjadikan katup di bagian atasnya (bagian atas lorong yang menyambung ke paru-paru) sehingga mencegah masuknya makanan ke dalam paru-paru yang akan menyebabkan kematian manusia.
Dan siapakah yang menjadikan paru-paru sebagai alat untuk mendinginkan dan menyegarkan hati, hingga mencegah munculnya hawa panas dari hati lantaran kerjanya yang terus-menerus dan tanpa henti yang mana –memanasnya hati- akan menyebabkan kematian seseorang.

Dua lubang keluar
Siapakah yang telah menciptakan klep pada lubang kencing dan lubang kotoran sehingga seseorang dapat membuka dan menutupnya sewaktu ia menginginkannya sehingga –kotoran- tidak dapat keluar tanpa kontrol yang mana ini dapat merusak kehidupan sehari-hari manusia. Sampai mana manusia dapat menghitung semua nikmat-nikmat ini, sungguh! Nikmat yang tidak terhitung dan tidak diketahui manusia jauh lebih banyak dibanding yang telah mereka hitung dan ketahui.

Lambung dan Hati
Siapakah yang telah menciptakan lambung sedemikian kokoh sehingga dapat mencerna makanan yang berat –keras- sekalipun? Siapakah yang telah menciptakan hati sedemikian halus dan lembut hingga hingga dapat mencerna lebih halus kembali makanan yang telah dicerna lambung? Apakah engkau melihat kekurangan dan celah dari segala peciptaan ini? Sekalipun engkau tidak akan melihatnya, karena ini semua adalah hasil –ciptaan dan- pengaturan Sang pengatur yang maha bijaksana dan maha kuasa yang mengetahui segala sesuatu sebelum menciptakannya, tidak ada satupun yang dapat membuat-Nya lemah –di luar kemampuan-Nya-, Ialah Dzat yang Mahapenyayang dan Mahamengetahui.

Otak, Darah, Kuku, Telinga dan Paha
Mufaddhal! Lihatlah kenapa otak yang sangat lembut dan halus diciptakan dalam lubang tulang kepala? Ini tidak lain hanyalah untuk menjaganya.
Kenapa darah hanya mengalir melalui urat-urat bagai air di dalam bejana? Semua ini tidak lain hanyalah untuk melindungi dan mengarahkannya ke arah yang benar.
Kenapa kuku-kuku hanya tumbuh diujung jari jemari? Ini guna melindungi jari jemari dan membantu seseorang melakukan pekerjaannya.
Mengapa lubang telinga diciptakan berkelok-kelok seperti sebuah pir? Hal ini adalah untuk memecahkan suara ketika masuk ketelinga hingga tidak membahayakan gendang telinga.
Mengapa di paha dan di bokong manusia terdapat banyak daging? Ini agar seseorang merasa sakit ketika ia duduk seperti seorang yang ramping dan kurus yang merasa sakit ketika duduk di atas tanah yang keras tanpa menggunakan alas.

Penciptaan manusia secara berpasang-pasangan
Siapakah yang telah menciptakan manusia secara berpasangan, melainkan yang telah menciptakannya berketurunan. Siapakah yang telah menciptakannya berketurunan, selain yang telah memberikan rasa berharap kepadanya. Siapakah yang telah memberi rasa berharap kepada manusia dan juga membekalinya dengan –organ-organ yang digunakan sebagai- alat untuk bekerja, selain yang telah menciptakannya sebagai pekerja. Siapakah yang telah menciptakannya sebagai pekerja, selain yang telah menciptakannya selalu memiliki kebutuhan. Siapakah yang telah menciptakannya dengan keadaan selalu membutuhkan, selain yang telah menyediakan segala yang dibutuhkan.
Siapakah yang telah menyediakan segala yang dibutuhkan manusia, selain yang telah menjamin segala apa yang dibutuhkannya. Siapakah yang telah memberikan akal dan perasaan kepada menusia hingga ia berbeda dengan makhluk lainnya, selain yang telah menyediakan pahala dan siksaan untuknya. Siapakah yang telah memberikannya ikhtiar –kemampuan untuk memilih-, selain yang telah memberikannya kemampuan untuk berfikir. Siapakah yang telah memberikan seluruh kemampuan ini kepada manusia, selain yang telah menyempurnakan hujjah baginya. Siapakah yang mencukupinya dengan sesuatu yang tidak pernah terpikirkan olehnya, kecuali Dzat yang seorangpun tidak akan mampu bersukur kepada-Nya dengan sebenar-benarnya.
Pikirkanlah dengan baik segala apa yang telah ku katakan! Apakah kamu melihat cela pada segala keberaturan dan ketertiban ini? “maha suci Allah dari apa yang mereka sifati”.

Hati dan Hubungannya dengan Paru-Paru
Wahai Mufaddhal! Sekarang aku akan menjelaskan kepadamu tentang hati manusia kepadamu.
Ketahuilah di dalam hati terdapat lubang –semacang selang- yang mengarah ke lubang paru-paru yang dapat menyegarkan hati –sehingga tidak mengalami panas-, yang mana apabila antara kedua lubang ini tidak memiliki keseimbangan dan tidak saling bekerja sama maka udara tidak akan bisa sampai ke hati dan manusia akan mengalmi kematian. Apakah orang berakal dan dapat berfikir akan menganggap bahwa semua ini terjadi begitu saja –tanpa ada yang menciptakan-? Apakah akalnya akan membenarkan ucapannya itu?
Apabila kamu melihat daun pintu dan di sana ada lubang semacam pipa, apakah kamu akan menganggapnya suatu hal yang sia-sia? Tidaklah demikian, akan tetapi kamu akan mengatakan bahwa ada satu daun pintu lagi yang telah dibuat sebagai pasangannya yang dengan kerja sama diantara keduanyalah manfaat tertentu akan dihasilkan. Begitu pula yang kamu dapatkan pada hewan yang jantan, akal akan menghukumi bahwa pasangan hewan betinapun telah diciptakan untuknya agar ia dapat berkembang biak.
Celaka bagi orang-orang yang mengaku dirinya filsuf dan ilmuan akan tetapi mata hatinya buta akan segala penciptaan yang sangat menakjubkan ini sehingga mereka mengingkari hikmat dan tujuan yang terkandung didalammya.

Alat Vital Laki-laki dan Hikmah dalam Penciptaannya
Jika alat vital laki-laki selalu kendur, maka bagimana ia bisa sampai ke dasar rahim dan mengeluarkan sperma di dalamnya? Dan jika ia selalu tegak berdiri bagaimana seorang laki-laki dapat membalikkan badannya ketika ia tidur dan juga bagaimana ia akan bebas berjalan di tengah-tengah masyarakat? Keadaan seperti ini selain akan merusak pemandangan juga ini akan mengakibatkan bangkitnya hawa nafsu laki-laki dan perempuan di setiap saat. Allah yang Mahabijaksana telah menciptakannya di tempat yang tidak selalu telihat oleh mata dan para lelaki tidak akan mengalami kesulitan karenanya, selain itu saat diperlukan ia dapat bereaksi hingga keturunan manusia akan tetap tejaga dan tidak punah.

Bagaimana Penciptaan Jalan Keluar Kotoran Manusia
Wahai Mufaddhal! sekarang perhatikanlah nikmat-nikmat yang besar yang telah diberikan kepada manusia berupa makanan dan minuman, begitu pula kemudahan yang telah diberikan kepadanya sehingga ia tidak mengalami kesulitan ketika mengeluarkan kotoran.
Bukankah merupakan hal yang terpuji meletakkan toilet pada tempat yang paling tersembunyi dalam bangunan rumah? Demikian pula Allah menciptakan jalan keluar kotoran manusia pada tempat yang paling tersembunyi, dan tidak menjadikannya tampak –terlihat jelas- di bagian belakang atau di bagian depan, akan tetapi Ia menciptakannya di tubuh manusia yang paling tersembunyi dan tertutup.
Paha dan bokongpun dipenuhi dengan daging, hingga ketika seseorang hendak membuang hajatnya ia cukup duduk dengan cara yang biasa dan dengan mudah ia dapat membuang kotoran dari perutnya. Maha tinggi Allah yang dengan segala nikmatnya yang besar dan tidak terbatas.

Penciptaan Gigi yang Menakjubkan
Wahai Mufaddhal! perhatikanlah gigi-gigi manusia! Sebagian dari gigi ada yang tajam yang berguna untuk memotong dan membelah makanan dan sebagian lagi ada yang tumpul yang bertugas mengunyah dan menghaluskan makanan. Allah memberikan kedua macam gigi ini kepada manusia karena ia memerlukannya.

Rambut, Kuku dan Manfaat Keduanya
Renungkanlah –wahai Mufaddhal-! Bagaimana Allah telah menciptakan rambut dan kuku dengan sebaik-baiknya serta penuh dengan keberaturan. Rambut dan kuku akan selalu tumbuh memanjang -hingga pada saatnya- keduanya harus dipendekkan, dan Allah telah menciptakannya tidak memiliki rasa sehingga ketika seseorang memotongnya ia tidak akan merasakan sakit. Jika ketika memotongnya, manusia merasakan sakit maka ia akan terjebak pada dua pilihan yang sulit, apakah ia harus membiarkan keduanya panjang begitu saja atau ia harus tetap memotongnya dengan menahan rasa sakit yang dialaminya.
Mufaddhal berkata: Aku bertanya kepada Imam -Shadiq As-, mengapa Allah tidak menciptakan keduanya secara tetap dan tidak tumbuh sehingga menusia tidak perlu memotong dan merapihkannya?
Imam as menjawab: Maha suci Allah yang telah memberikan segala nikmat yang tidak diketahui hamba-Nya dan tidak memaksa mereka untuk mensyukurinya. Ketahuilah! bersamaan dengan tumbuhnya rambut pada pori-pori dan kuku-kuku diujung jari jemari, rasa sakit yang ada di badanpun akan keluar, maka dari itu dianjurkan bagi manusia agar membersihkan bulu badannya, memotong rambut dan kukunya setiap minggu, karena hal ini dapat mempercepat pertumbuhan rambut dan kuku hingga rasa sakit di badanpun akan keluar lebih cepat. Jika seseorang tidak melakukan hal ini, maka pertumbuhan rambut dan kukunya akan melambat dan rasa sakit akan menetap di badan yang akan mengakibatkannya mudah terserang berbagai macam penyakit.
Selain itu, rambut tidak akan tumbuh pada angota tubuh manusia yang sekiranya –dengan tumbuh rambut di permukaannya- dapat menyulitkan dan merugikannya. Apakah manusia akan dapat melihat apabila rambut tumbuh di matanya? Apakah ia dapat makan dan minum dengan mudah dan lezat apabila rambut tumbuh di lidahnya? Apakah ia dapat meraba dengan benar dan dapat mengerjakan pekerjaannya dengan baik apabila di telapak tangannya banyak tumbuh rambut? Apakah ketika ia berjimak ia akan merasakan sesuatu jika kemaluannya dipenuhi dengan rambut? Oleh karena itu renungkanlah baik-baik! Bagaimana rambut tidak akan tumbuh pada tempat-tempat yang tidak ada maslahat dan faidahnya. Dan hal ini tidak terkhusus pada manusia saja akan tetapi hal ini pun terjadi pada hewan, walaupun kebanyakan dari badan mereka ditutupi oleh rambut dan bulu akan tetapi- dikarenakan sesuatu yang telah di sebutkan diatas- rambut tidak dapat tumbuh pada organ-organ tertentu. Perhatikanlah dengan baik bagaimana penciptaan Allah jauh dari segala kekhilafan yang dapat membahayakan melainkan selalu dibarengi dengan kebijakan dan kemaslahatan.[

Anatomi dan Fungsi Otak Manusia

Anatomi dan Fungsi Otak Manusia

Otak Anda mengendalikan semua fungsi tubuh Anda. Otak merupakan pusat dari keseluruhan tubuh Anda. Jika otak Anda sehat, maka akan mendorong kesehatan tubuh serta menunjang kesehatan mental Anda. Sebaliknya, apabila otak Anda terganggu, maka kesehatan tubuh dan mental Anda bisa ikut terganggu.
 
Seandainya jantung atau paru-paru Anda berhenti bekerja selama beberapa menit, Anda masih bisa bertahan hidup. Namun jika otak Anda berhenti bekerja selama satu detik saja, maka tubuh Anda mati. Itulah mengapa otak disebut sebagai organ yang paling penting dari seluruh organ di tubuh manusia.
 
Selain paling penting, otak juga merupakan organ yang paling rumit. Membahas tentang anatomi dan fungsi otak secara detail bisa memakan waktu berhari-hari. Oleh karena itu disini kita akan membahas anatomi dan fungsi otak secara garis besarnya saja sekedar membuat Anda paham bagian-bagian dan fungsi otak Anda sendiri.
 
 
 
Seperti terlihat pada gambar di atas, otak dibagi menjadi empat bagian, yaitu:
  1. Cerebrum (Otak Besar)
  2. Cerebellum (Otak Kecil)
  3. Brainstem (Batang Otak)
  4. Limbic System (Sistem Limbik)

1. Cerebrum (Otak Besar)
 
Cerebrum adalah bagian terbesar dari otak manusia yang juga disebut dengan nama Cerebral Cortex, Forebrain atau Otak Depan. Cerebrum merupakan bagian otak yang membedakan manusia dengan binatang. Cerebrum membuat manusia memiliki kemampuan berpikir, analisa, logika, bahasa, kesadaran, perencanaan, memori dan kemampuan visual. Kecerdasan intelektual atau IQ Anda juga ditentukan oleh kualitas bagian ini.
 
Cerebrum secara terbagi menjadi 4 (empat) bagian yang disebut Lobus. Bagian lobus yang menonjol disebut gyrus dan bagian lekukan yang menyerupai parit disebut sulcus. Keempat Lobus tersebut masing-masing adalah: Lobus Frontal, Lobus Parietal, Lobus Occipital dan Lobus Temporal.
  • Lobus Frontal merupakan bagian lobus yang ada dipaling depan dari Otak Besar. Lobus ini berhubungan dengan kemampuan membuat alasan, kemampuan gerak, kognisi, perencanaan, penyelesaian masalah, memberi penilaian, kreativitas, kontrol perasaan, kontrol perilaku seksual dan kemampuan bahasa secara umum.
  • Lobus Parietal berada di tengah, berhubungan dengan proses sensor perasaan seperti tekanan, sentuhan dan rasa sakit.
  • Lobus Temporal berada di bagian bawah berhubungan dengan kemampuan pendengaran, pemaknaan informasi dan bahasa dalam bentuk suara.
  • Lobus Occipital ada di bagian paling belakang, berhubungan dengan rangsangan visual yang memungkinkan manusia mampu melakukan interpretasi terhadap objek yang ditangkap oleh retina mata.
Apabila diuraikan lebih detail, setiap lobus masih bisa dibagi menjadi beberapa area yang punya fungsi masing-masing, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

 
Selain dibagi menjadi 4 lobus, cerebrum (otak besar) juga bisa dibagi menjadi dua belahan, yaitu belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Kedua belahan itu terhubung oleh kabel-kabel saraf di bagian bawahnya. Secara umum, belahan otak kanan mengontrol sisi kiri tubuh, dan belahan otak kiri mengontrol sisi kanan tubuh. Otak kanan terlibat dalam kreativitas dan kemampuan artistik. Sedangkan otak kiri untuk logika dan berpikir rasional. Mengenai fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri sudah kami bahas pada halaman tersendiri. Anda bisa membacanya dengan klik disini.


2. Cerebellum (Otak Kecil)

Otak Kecil atau Cerebellum terletak di bagian belakang kepala, dekat dengan ujung leher bagian atas. Cerebellum mengontrol banyak fungsi otomatis otak, diantaranya: mengatur sikap atau posisi tubuh, mengkontrol keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh. Otak Kecil juga menyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dipelajari seperti gerakan mengendarai mobil, gerakan tangan saat menulis, gerakan mengunci pintu dan sebagainya.

Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkoordinasi, misalnya orang tersebut tidak mampu memasukkan makanan ke dalam mulutnya atau tidak mampu mengancingkan baju.


3. Brainstem (Batang Otak)

Batang otak (brainstem) berada di dalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar dan memanjang sampai ke tulang punggung atau sumsum tulang belakang. Bagian otak ini mengatur fungsi dasar manusia termasuk pernapasan, denyut jantung, mengatur suhu tubuh, mengatur proses pencernaan, dan merupakan sumber insting dasar manusia yaitu fight or flight (lawan atau lari) saat datangnya bahaya.

Batang otak dijumpai juga pada hewan seperti kadal dan buaya. Oleh karena itu, batang otak sering juga disebut dengan otak reptil. Otak reptil mengatur “perasaan teritorial” sebagai insting primitif. Contohnya anda akan merasa tidak nyaman atau terancam ketika orang yang tidak Anda kenal terlalu dekat dengan anda.

Batang Otak terdiri dari tiga bagian, yaitu:
  • Mesencephalon atau Otak Tengah (disebut juga Mid Brain) adalah bagian teratas dari batang otak yang menghubungkan Otak Besar dan Otak Kecil. Otak tengah berfungsi dalam hal mengontrol respon penglihatan, gerakan mata, pembesaran pupil mata, mengatur gerakan tubuh dan pendengaran.
  • Medulla oblongata adalah titik awal saraf tulang belakang dari sebelah kiri badan menuju bagian kanan badan, begitu juga sebaliknya. Medulla mengontrol funsi otomatis otak, seperti detak jantung, sirkulasi darah, pernafasan, dan pencernaan.
  • Pons merupakan stasiun pemancar yang mengirimkan data ke pusat otak bersama dengan formasi reticular. Pons yang menentukan apakah kita terjaga atau tertidur.
Catatan: Kelompok tertentu mengklaim bahwa Otak Tengah berhubungan dengan kemampuan supranatural seperti melihat dengan mata tertutup. Klaim ini ditentang oleh para ilmuwan dan para dokter saraf karena tidak terbukti dan tidak ada dasar ilmiahnya.


4. Limbic System (Sistem Limbik)

Sistem limbik terletak di bagian tengah otak, membungkus batang otak ibarat kerah baju. Limbik berasal dari bahasa latin yang berarti kerah. Bagian otak ini sama dimiliki juga oleh hewan mamalia sehingga sering disebut dengan otak mamalia. Komponen limbik antara lain hipotalamus, thalamus, amigdala, hipocampus dan korteks limbik. Sistem limbik berfungsi menghasilkan perasaan, mengatur produksi hormon, memelihara homeostasis, rasa haus, rasa lapar, dorongan seks, pusat rasa senang, metabolisme dan juga memori jangka panjang.

Bagian terpenting dari Limbik Sistem adalah Hipotalamus yang salah satu fungsinya adalah bagian memutuskan mana yang perlu mendapat perhatian dan mana yang tidak. Misalnya Anda lebih memperhatikan anak Anda sendiri dibanding dengan anak orang yang tidak Anda kenal. Mengapa? Karena Anda punya hubungan emosional yang kuat dengan anak Anda. Begitu juga, ketika Anda membenci seseorang, Anda malah sering memperhatikan atau mengingatkan. Hal ini terjadi karena Anda punya hubungan emosional dengan orang yang Anda benci.

Sistem limbik menyimpan banyak informasi yang tak tersentuh oleh indera. Dialah yang lazim disebut sebagai otak emosi atau tempat bersemayamnya rasa cinta dan kejujuran. Carl Gustav Jung  menyebutnya sebagai "Alam Bawah Sadar" atau ketidaksadaran kolektif, yang diwujudkan dalam perilaku baik seperti menolong orang dan perilaku tulus lainnya. LeDoux mengistilahkan sistem limbik ini sebagai tempat duduk bagi semua nafsu manusia, tempat bermuaranya cinta, penghargaan dan kejujuran.


 
Gambar Ilustrasi Fungsi Otak Kanan & Otak Kiri
Perbedaan dua fungsi otak sebelah kiri dan kanan akan membentuk sifat, karakteristik dan kemampuan yang berbeda pada seseorang. Perbedaan teori fungsi otak kiri dan otak kanan ini telah populer sejak tahun 1960an, dari hasil penelitian Roger Sperry.
Otak besar atau cerebrum yang merupakan bagian terbesar dari otak manusia adalah bagian yang memproses semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, menalarkan, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan.

Otak besar dibagi menjadi belahan kiri dan belahan kanan, atau yang lebih dikenal dengan Otak Kiri dan Otak Kanan. Masing-masing belahan mempunyai fungsi yang berbeda. Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ).

Sementara itu otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.

Belahan otak mana yang lebih baik? Keduanya baik. Setiap belahan otak punya fungsi masing-masing yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. Akan tetapi, menurut penelitian, sebagian besar orang di dunia hidup dengan lebih mengandalkan otak kirinya. Hal ini disebabkan oleh pendidikan formal (sekolah dan kuliah) lebih banyak mengasah kemampuan otak kiri dan hanya sedikit mengembangkan otak kanan.

Orang yang dominan otak kirinya, pandai melakukan analisa dan proses pemikiran logis, namun kurang pandai dalam hubungan sosial. Mereka juga cenderung memiliki telinga kanan lebih tajam, kaki dan tangan kanannya juga lebih tajam daripada tangan dan kaki kirinya. Sedangkan orang yang dominan otak kanannya bisa jadi adalah orang yang pandai bergaul, namun mengalami kesulitan dalam belajar hal-hal yang teknis.
Ada banyak cara untuk mengetahui apakah seseorang dominan otak kanan atau dominan otak kiri. Misalnya dengan melihat perilaku sehari-hari, cara berpakaian, dengan mengisi kuisioner yang dirancang khusus atau dengan peralatan Electroencephalograph yang bisa mengamati bagian otak mana yang paling aktif.
Disekitar Anda pastinya ada orang yang pandai dalam ilmu pengetahuan, tapi tidak pandai bergaul. Sebaliknya ada orang yang pandai bergaul, tapi kurang pandai di sekolahnya. Keadaan semacam ini disebabkan oleh ketidakseimbangan antara otak kanan dan otak kiri.
Idealnya, otak kiri dan otak kanan haruslah seimbang dan semuanya berfungsi secara optimal. Orang yang otak kanan dan otak kirinya seimbang, maka dia bisa menjadi orang yang cerdas sekaligus pandai bergaul atau bersosialisasi.
Untuk mengoptimalkan dan menyeimbangkan kinerja dua belahan otak, Anda bisa menggunakan teknologi CD Aktivasi Otak. Metode ini sangat mudah diikuti karena Anda hanya perlu mendengarkan semacam musik instrumental yang dirancang khusus untuk menyelaraskan dan mengaktifkan kedua belahan otak Anda.

10 Cara Untuk Membuat Seseorang Tersenyum

10 Cara Untuk Membuat Seseorang Tersenyum

tersenyum
Tidak ada sesuatu yang lebih baik selain mengetahui bahwa anda telah membuat seseorang bahagia – khususnya jika anda melakukannya dengan cara-cara yang sederhana.
Berikut ini adalah 10 cara mudah untuk membuat seseorang tersenyum. Saya jamin anda akan tersenyum juga. :)
1. Tulislah ucapan ”terima kasih”
Ini adalah hal yang sangat-sangat sederhana, namun mempunyai arti yang amat penting. Tulislah ucapan “terima kasih” hari ini kepada seseorang yang telah membantu anda menyelesaikan tugas atau seseorang yang telah melakukan sesuatu untuk anda. Bisa kepada orang tua, anak, kolega, teman, atau bahkan seorang pelayan toko yang telah dengan ramah melayani anda.
Bonus point : Tuliskan diatas sehelai kertas dan kirimkan, entah lewat pos atau anda antarkan sendiri – bukan sekedar lewat email.
2. Pasang screensaver atau wallpaper yang lucu pada komputernya
Jika anda sedang berada di kantor, mengapa anda tidak mencoba untuk merubah screensaver komputer rekan kerja anda dengan sesuatu yang menyenangkan atau lucu pada saat ia sedang tidak berada di mejanya? Atau misalkan di rumah, diam-diam anda merubah wallpaper komputer milik pasangan anda atau orang tua anda. Pasanglah screensaver atau wallpaper yang kira-kira anda tahu dapat membuat orang tersebut tertawa.
Bonus point : Cobalah cari screensaver atau wallpaper yang berhubungan dengan favoritnya.
3. Belikan ia permen/coklat kesukaannya
Meskipun kita telah dewasa, permen/coklat masih merupakan hal yang dapat membuat kita tersenyum. Jika seseorang sedang bersedih, belikan ia permen/coklat kesukaannya – anda dapat memberikannya bersama-sama dengan tulisan ”terima kasih”. Anda tidak perlu membelikan permen/coklat yang mahal harganya.
Bonus point : Temukan permen/coklat favoritnya sejak ia masih kanak-kanak.
4. Kirimkan kartu ucapan
Satu tingkat diatas tulisan “terima kasih” yaitu anda mengirimkan sebuah kartu ucapan yang tidak akan ia duga sebelumnya. Ucapan selamat telah mendapatkan pekerjaan baru atau selamat atas kelulusan akan selalu membuat seseorang tersenyum. Anda harus sedikit kreatif disini dan jangan khawatir, akan selalu ada peristiwa-peristiwa spesial untuk anda ucapkan selamat pada seseorang.
Bonus point : Design kartu yang sederhana tidak menjadi masalah, yang penting buatlah tulisan anda sendiri, bukan tulisan yang berasal dari kartu.
5. Lakukan tugas-tugasnya
Tidak ada yang lebih menyenangkan selain mengetahui ketika pulang ke rumah menemukan seseorang telah menyapu rumah dan membersihkan dapur. Singsingkan lengan baju anda dan mulailah beraksi. Biasanya hal ini dilakukan untuk pasangan atau orang tua anda.
Bonus point : Lakukan sebuah tugas yang kira-kira ia benci melakukannya – seperti membersihkan oven atau membersihkan kompor gas.
6. Buatkan sarapan favoritnya
Sarapan pagi adalah makanan yang tidak boleh diabaikan. Banyak pilihan makanan lezat untuk sarapan pagi. Satu kali di pagi hari, bangunlah lebih awal dan siapkan sarapan untuk anggota keluarga di rumah. Anda bisa menyajikan roti, cereal atau nasi goreng.
Bonus point : Susun meja dan kursi agar semua orang dapat makan bersama-sama, atau bisa juga membuat lay out yang special.
7. Berikan hadiah kejutan
Menerima hadiah ulang tahun akan selalu menyenangkan – tetapi akan lebih mengejutkan jika anda dapat memberikan sebuah hadiah di hari biasa. Belikan sebuah buku, DVD atau hadiah-hadiah kecil lainnya yang kira-kira anda tahu si penerima akan menyukainya.
Bonus point : Cobalah untuk membuatnya menjadi semacam permainan, dan di akhir permainan tersebut anda memberikannya hadiah.
8. Buatlah foto album mini
Kumpulkan beberapa foto keluarga atau rekan-rekannya dan taruhlah menjadi satu pada sebuah foto album. Anda bisa menggunakan jasa online semisal www.photobox.com untuk mengupload foto-foto tersebut dan mencetaknya dengan design anda sendiri.
Bonus point : Carilah foto-foto masa kecilnya. Untuk ini anda memang perlu menggunakan scanner untuk menaruhnya dalam komputer.
9. Berikan ia waktu bersantai
Jika anda mengetahui seseorang sedang bersama anaknya, tawarkan untuk mengajak anaknya bermain. Bagi orang tua yang sibuk akan sulit mendapatkan waktu untuk bersantai dan memulihkan energi – dan jika anda melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama anaknya, maka hari anda akan menyenangkan juga. Ajaklah anaknya ke taman bermain, toko es krim atau tempat-tempat bermain anak lainnya.
Bonus point : Kombinasikan dengan pemberian tiket bioskop atau hadiah ‘aktivitas’ lainnya bagi si orang tua agar dapat bersantai tanpa anak-anak di sekelilingnya.
10. Buatlah buku tentang peristiwa-peristiwa spesial dalam hidupnya
Ini memang membutuhkan cukup usaha dalam merencanakan dan menyiapkan buku tersebut, namun akan menjadi harta karun yang tak ternilai bagi orang tersebut. Kumpulkan semua dokumentasi yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa spesial dalam hidupnya dan susunlah menjadi satu urutan yang rapi.
Bonus point : Buku ini akan menjadi hadiah ulang tahun ke-21 yang luar biasa, dengan halaman-halaman diisi dengan dokumentasi peristiwa semenjak ia berumur 1 sampai dengan 20 tahun.

Sejarah Kota Palembang

Sejarah Kota Palembang


1256975326.jpg
Kota Palembang merupakan kota tertua di Indonesia berumur setidaknya 1382 tahun jika berdasarkan prasasti Sriwijaya yang dikenal sebagai prasasti Kedudukan Bukit. Menurut Prasasti yang berangka tahun 16 Juni 682. Pada saat itu oleh penguasa Sriwijaya didirikan Wanua di daerah yang sekarang dikenal sebagai kota Palembang. Menurut topografinya, kota ini dikelilingi oleh air, bahkan terendam oleh air. Air tersebut bersumber baik dari sungai maupun rawa, juga air hujan. Bahkan saat ini kota Palembang masih terdapat 52,24 % tanah yang yang tergenang oleh air (data Statistik 1990). Berkemungkinan karena kondisi inilah maka nenek moyang orang-orang kota ini menamakan kota ini sebagai Pa-lembang dalam bahasa melayu Pa atau Pe sebagai kata tunjuk suatu tempat atau keadaan; sedangkan lembang atau lembeng artinya tanah yang rendah, lembah akar yang membengkak karena lama terendam air (menurut kamus melayu), sedangkan menurut bahasa melayu-Palembang, lembang atau lembeng adalah genangan air. Jadi Palembang adalah suatu tempat yang digenangi oleh air.
Kondisi alam ini bagi nenek moyang orang-orang Palembang menjadi modal mereka untuk memanfaatkannya. Air menjadi sarana transportasi yang sangat vital, ekonomis, efisien dan punya daya jangkau dan punya kecepatan yang tinggi. Selain kondisi alam, juga letak strategis kota ini yang berada dalam satu jaringan yang mampu mengendalikan lalu lintas antara tiga kesatuan wilayah:
  • Tanah tinggi Sumatera bagian Barat, yaitu : Pegunungan Bukit Barisan.
  • Daerah kaki bukit atau piedmont dan pertemuan anak-anak sungai sewaktu memasuki dataran rendah.
  • Daerah pesisir timur laut.
Ketiga kesatuan wilayah ini merupakan faktor setempat yang sangat mementukan dalam pembentukan pola kebudayaan yang bersifat peradaban. Faktor setempat yang berupa jaringan dan komoditi dengan frekuensi tinggi sudah terbentuk lebih dulu dan berhasil mendorong manusia setempat menciptakan pertumbuhan pola kebudayaan tinggi di Sumatera Selatan. Faktor setempat inilah yang membuat Palembang menjadi ibukota Sriwijaya, yang merupakan kekuatan politik dan ekonomi di zaman klasik pada wilayah Asia Tenggara. Kejayaan Sriwijaya diambil oleh Kesultanan Palembang Darusallam pada zaman madya sebagai kesultanan yang disegani dikawasan Nusantara
1256976844.jpgSriwijaya, seperti juga bentuk-bentuk pemerintahan di Asia Tenggara lainnya pada kurun waktu itu, bentuknya dikenal sebagai Port-polity. Pengertian Port-polity secara sederhana bermula sebagai sebuah pusat redistribusi, yang secara perlahan-lahan mengambil alih sejumlah bentuk peningkatan kemajuan yang terkandung di dalam spektrum luas. Pusat pertumbuhan dari sebuah Polity adalah entreport yang menghasilkan tambahan bagi kekayaan dan kontak-kontak kebudayaan. Hasil-hasil ini diperoleh oleh para pemimpin setempat. (dalam istilah Sriwijaya sebutannya adalah datu), dengan hasil ini merupakan basis untuk penggunaan kekuatan ekonomi dan penguasaan politik di Asia Tenggara.
Ada tulisan menarik dari kronik Cina Chu-Fan-Chi yang ditulis oleh Chau Ju-Kua pada abad ke 14, menceritakan tentang Sriwijaya sebagai berikut :Negara ini terletak di Laut selatan, menguasai lalu lintas perdagangan asing di Selat. Pada zaman dahulu pelabuhannya menggunakan rantai besi untuk menahan bajak-bajak laut yang bermaksud jahat. Jika ada perahu-perahu asing datang, rantai itu diturunkan. Setelah keadaan aman kembali, rantai itu disingkirkan. Perahu-perahu yang lewat tanpa singgah dipelabuhan dikepung oleh perahu-perahu milik kerajaan dan diserang. Semua awak-awak perahu tersebut berani mati. Itulah sebabnya maka negara itu menjadi pusat pelayaran.
Tentunya banyak lagi cerita, legenda bahkan mitos tentang Sriwijaya. Pelaut-pelaut Cina asing seperti Cina, Arab dan Parsi, mencatat seluruh perisitiwa kapanpun kisah-kisah yang mereka lihat dan dengan. Jika pelaut-pelaut Arab dan Parsi, menggambarkan keadaan sungai Musi, dimana Palembang terletak, adalah bagaikan kota di Tiggris. Kota Palembang digambarkan mereka adalah kota yang sangat besar, dimana jika dimasuki kota tersebut, kokok ayam jantan tidak berhenti bersahut-sahutan (dalam arti kokok sang ayam mengikuti terbitnya matahari). Kisah-kisah perjalanan mereka penuh dengan keajaiban 1001 malam. Pelaut-pelaut Cina mencatat lebih realistis tentang kota Palembang, dimana mereka melihat bagaimana kehiduapan penduduk kota yang hidup diatas rakit-rakit tanpa dipungut pajak. Sedangkan bagi pemimpin hidup berumah ditanah kering diatas rumah yang bertiang. Mereka mengeja nama Palembang sesuai dengan lidah dan aksara mereka. Palembang disebut atau diucapkan mereka sebagai Po-lin-fong atau Ku-kang (berarti pelabuhan lama).Setelah mengalami kejayaan diabad-abad ke-7 dan 9, maka dikurun abad ke-12 Sriwijaya mengalami keruntuhan secara perlahan-lahan. Keruntuhan Sriwijaya ini, baik karena persaingan dengan kerajaan di Jawa, pertempuran dengan kerajaan Cola dari India dan terakhir kejatuhan ini tak terelakkan setelah bangkitnya bangkitnya kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara. Kerajaan-kerajaan Islam yang tadinya merupakan bagian-bagian kecil dari kerajaan Sriwijaya, berkembang menjadi kerajaan besar seperti yang ada di Aceh dan Semenanjung Malaysia.
Dari sisa Kerajaan Sriwijaya tersebut tinggalah Palembang sebagai satu kekuatan tersendiri yang dikenal sebagai kerajaan Palembang. Menurut catatan Cina raja Palembang yang bernama Ma-na-ha Pau-lin-pang mengirim dutanya menghadap kaisar Cina tahun 1374 dan 1375.Maharaja ini barangkali adalah raja Palembang terakhir, sebelum Palembang dihancurkan oleh Majapahit pada tahun 1377. Berkemungkinan Parameswara dengan para pengikutnya hijrah ke semenanjung, dimana ia singgah lebih dulu ke pulau Temasik dan mendirikan kerajaan Singapura. Pulau ini ditinggalkannya setelah dia berperang melawan orang-orang Siam. Dari Singapura dia hijrah ke Semenanjung dan mendirikan kerajaan Melaka. Setelah membina kerajaan ini dengan gaya dan cara Sriwijaya, maka Melaka menjadi kerajaan terbesar di nusantara setelah kebesaran Sriwijaya.Palembang sendiri setelah ditinggalkan Parameswara menjadi chaos. Majapahit tidak dapat menempatkan adipati di Palembang, karena ditolak oleh orang-orang Cina yang telah menguasai Palembang. Mereka menyebut Palembang sebagai Ku-Kang dan mereka terdiri dari kelompok-kelompok cina yang terusir dari Cina Selatan, yaitu dari wilayah Nan-hai, Chang-chou dan Changuan-chou.
Meskipun setiap kelompok ini mempunyai pemimpin sendiri, tetapi mereka sepakat menolak pimpinan dari majapahit dan mengangkat Liang Tau-ming sebagai pemimpin mereka.Pada masa ini Palembang dikenal sebagai wilayah yang menjadi sarang bajak laut dari orang-orang Cina tersebut. Tidak heran jika toko sejarah dan legendaris dari Cina, yaitu Laksamana Chen-ho terpaksa beberapa kali muncul di Palembang guna memberantas para bajak laut ini. Pada tahun 1407 setelah kembali dari pelayarannya dari barat, Chen-ho sendiri telah menangkap toko bajak laut dari Palembang yaitu Chen Tsui-i. Chen-ho membawa bajak laut ini kehadapan kaisar, kemudian dihukum pancung ditengah pasar ibukota. Namun beberapa toko bajak laut di lautan cina seperti Chin Lien, pada tahun 1577 telah bersembunyi di Palembang dan kemudian menjadi pedagang yang disegani di Palembang. Chiang Lien sebagai pengawas perdagangan untuk cina. sebetulnya kedudukan ini adalah suatu jabatan yang disahkan oleh kaisar dan mempunyai wewenang mengatur hukum, imbalan, penurunan ataupun kenaikan (promosi) bagi warga Cina di Palembang. Dapat dibayangkan bahwa kekuasaan orang-orang Cina di Palembang hampir 200 tahun.

Masa Kesultanan Palembang

1256977050.jpgMenurut Tomec Pires yang menulis sekitar tahun kejatuhan Melaka, menyatakan bahwa pupusnya pengaruh Majapahit dan Cina du Palembang adalah akibat kebangkitan Islam di wilayah Palembang sendiri. Situasi dan kondisi ini menempatkan Palembang menjadi wilayah perlindungan Kerajaan Islam Demak sekitar tahun 1546, yang melibatkan Aria Penangsang dari Jipang dan Pangeran Hadiwijaya dari Pajang, dimana kematian Aria Penangsang membuat para pengikutnya melarikan diri ke Palembang.Para pengikut Aria Jipang ini membuat ketakutan baru dengan mendirikan Kerajaan Palembang. Tokoh pendiri Kerajaan Palembang adalah Ki Gede Ing Suro. Keraton pertamanya di Kuto Gawang, pada saat ini situsnya tepat berada di komplesk PT. Pusri. Dimana makam Ki Gede Ing Suro berada di belakang Pusri.Dari bentuk keraton Jawa di tepi sungai Musi, para penguasanya beradaptasi dengan lingkungan melayu di sekitarnya. Terjadilah suatu akulturasi dan asimilasi kebudayaan jawa dan melayu, yang dikenal sebagai kebudayaan Palembang. Ki Mas Hindi adalah tokoh kerajaan Palembang yang memperjelas jati diri Palemban, memutus hubungan ideologi dan kultural ddengan pusat kerajaan di Jawa (Mataram). Dia menyatakan dirinya sebagai sultan, setara dengan Sultan Agung di Mataram. Ki Mas Hindi bergelar Sultan Abdurrahma, yang kemudian dikenal sebagai Sunan Cinde Walang (1659-1706). Keraton Kuto Gawang dibakar habis oleh VOC pada tahun 1659, akibat perlawanan Palembang atas kekurang ajaran hasil wakil VOC di Palembang, Sultan Abdurrahman memindahkan keratonnya ke Beringin Janggut (sekarang sebagai pusat perdangangan).Sultan Mahmud Baaruddin I yang bergelar Jayo Wikramo (1741-1757) adalah merupakan tokoh pembangunan Kesultanan Palembang, dimana pembangunan modern dilakukannya. Antara lain Mesjid Agung Palembang, Makam Lembang (Kawah Tengkurep), Keraton Kuto Batu (sekarang berdiri Musium Badarudin dan Kantor Dinas Pariwisata Kota Palembang). Selain itu dia juga membuat kanal-kanal di wilayah kesulatan, yang berfungsi ganda, yaitu baik sebagai alur pelayaran, pertanian juga untuk pertahanan. Badaruddin Jayo Wikramo memantapkan konsep kosmologi Batanghari Sembilan sebagai satu lebensraum dari kekuasaan Palembang. Batanghari Sembilan adalah satu konsep Melayu - Jawa, yaitu adalah delapan penjuru angin yang terpencar dari pusatnya yang, merupakan penjuru kesembilan. Pusat atau penjuru kesembilan ini berada di keraton Palembang (lebih tegas lagi berada ditangan Sultan yang berkuasa).
Menurut Tomec Pires yang menulis sekitar tahun kejatuhan Melaka, menyatakan bahwa pupusnya pengaruh Majapahit dan Cina du Palembang adalah akibat kebangkitan Islam di wilayah Palembang sendiri. Situasi dan kondisi ini menempatkan Palembang menjadi wilayah perlindungan Kerajaan Islam Demak sekitar tahun 1546, yang melibatkan Aria Penangsang dari Jipang dan Pangeran Hadiwijaya dari Pajang, dimana kematian Aria Penangsang membuat para pengikutnya melarikan diri ke Palembang.Para pengikut Aria Jipang ini membuat ketakutan baru dengan mendirikan Kerajaan Palembang. Tokoh pendiri Kerajaan Palembang adalah Ki Gede Ing Suro. Keraton pertamanya di Kuto Gawang, pada saat ini situsnya tepat berada di komplesk PT. Pusri. Dimana makam Ki Gede Ing Suro berada di belakang Pusri.Dari bentuk keraton Jawa di tepi sungai Musi, para penguasanya beradaptasi dengan lingkungan melayu di sekitarnya. Terjadilah suatu akulturasi dan asimilasi kebudayaan jawa dan melayu, yang dikenal sebagai kebudayaan Palembang. Ki Mas Hindi adalah tokoh kerajaan Palembang yang memperjelas jati diri Palemban, memutus hubungan ideologi dan kultural ddengan pusat kerajaan di Jawa (Mataram). Dia menyatakan dirinya sebagai sultan, setara dengan Sultan Agung di Mataram. Ki Mas Hindi bergelar Sultan Abdurrahma, yang kemudian dikenal sebagai Sunan Cinde Walang (1659-1706). Keraton Kuto Gawang dibakar habis oleh VOC pada tahun 1659, akibat perlawanan Palembang atas kekurang ajaran hasil wakil VOC di Palembang, Sultan Abdurrahman memindahkan keratonnya ke Beringin Janggut (sekarang sebagai pusat perdangangan).Sultan Mahmud Baaruddin I yang bergelar Jayo Wikramo (1741-1757) adalah merupakan tokoh pembangunan Kesultanan Palembang, dimana pembangunan modern dilakukannya. Antara lain Mesjid Agung Palembang, Makam Lembang (Kawah Tengkurep), Keraton Kuto Batu (sekarang berdiri Musium Badarudin dan Kantor Dinas Pariwisata Kota Palembang). Selain itu dia juga membuat kanal-kanal di wilayah kesulatan, yang berfungsi ganda, yaitu baik sebagai alur pelayaran, pertanian juga untuk pertahanan. Badaruddin Jayo Wikramo memantapkan konsep kosmologi Batanghari Sembilan sebagai satu lebensraum dari kekuasaan Palembang. Batanghari Sembilan adalah satu konsep Melayu - Jawa, yaitu adalah delapan penjuru angin yang terpencar dari pusatnya yang, merupakan penjuru kesembilan. Pusat atau penjuru kesembilan ini berada di keraton Palembang (lebih tegas lagi berada ditangan Sultan yang berkuasa).
Dari seluruh pelabuhan di wilayah orang-orang Melayu, Palembang telah membuktikan dn terus secara seksama menjadi pelabuhan yang paling aman dan peraturan paling baik, seperti dinyatakan oleh orang-orang pribumi dan orang-orang Eropa. Begitu memasuki perairan sungai, perahu-perahu kecil, dengan kewaspadaan yang biasa siaga dengan tindakan-tindakan perampasan. Kemungkinan perahu perampok yang bersembunyi akan memangsa perahu-perahu dagang kecil yang memasuki sungai, jarang terjadi, karena ketatnya penjagaan oleh kekuatan Sultan dengan segala peralatannya.Selain kekayaan yang melimpah dari baiknya pelayanan pelabuhan dan perdagangan, membuat Palembang mempunyai kesempatan memperkuat pertananannya. Ini dibuktikannya oleh Sultan Muhammad Bahauddin mendirikan keraton Kuto Besak pada tahun 1780. Di dalam melawan penjajahan Belanda dan Inggris, Sultan Mahmud Baruddin II berhasil mengatasi politik diplomasi dan peperangan kedua bangsa tersebut. Sebelum jatuhnya Palembang dalam peperangan besar di tahun 1821, Sultan Mahmud Badaruddin II secara beruntun pada tahun 1819 telah dua kali mengahajar pasukan pasukan Belanda keluar dari perairan Palembang. Keperkasaan Sultan Mahmud Badaruddin II ini dinilai oleh Pemerintah Republik Indonesia adalah wajar untuk dianugrahi sebagai Pahlawan Nasional.
Masa Belanda

Palembang sebagai Ibukota Kesultanan Palembang Darussalam pada saat dibawah pemerintah kolonial Belanda dirombak secara total dari sisi penggolongan kotanya. Pada awalnya wilayah pemukiman penduduk kota Palembang, dizaman Kesultanan lebih dari sekedar pemukiman yang terorganisir. Pemukiman pada waktu itu adalah suatu lembaga persekutuan dimana patronage dan paternalis terbentuk akibat struktur masyarakat tradisional dan feodalistis. Keseluruhan sistem ini berada dalam satu lingkungan dan lokasi. Sistem ini dikenal dengan nama gugu(k). Kosakata gugu berasal dari jawa - Kawi yang berarti : barang katanya, diturut, diindahkan.Setiap guguk mempunyai sifat sektoral ataupun aspiratip. Sekedar untuk pengertian meskipun tidak sama, bentuk guguk ini dapat dilihat dengan sistem gilda pada abad pertengahan di Eropa. Contoh nama wilayah pemukiman yang dikenal sebagai Sayangan, adalah wilayah dimana paramiji dan alingan(struktur bawah dari golongan penduduk kesultanan) yang memproduksi hasil-hasil dari bahan tembaga. Sayangan artinya pengerajin tembaga (Jawa Kawi). Produksi ini dilakukan atas perintah dari bangsawan yang menjadi pimpinan (guguk) yang menjadi pelindung terhadap kedua golongan baik miji maupun alingan (orang yang di-alingi/dilindungi). Hasil produksi ini merupakan pula income bagi sultan dan kesultanan.Contoh lain dalam adalah wilayah pemukiman mengindikasikan wilayah guguk, yaitu : kepandean adalah rajin atau pandai besi, pelampitan adalah perajin lampit, demikian juga dengan kuningan adalah perajin pembuat bahan-bahan dari kuningan.Pemukiman ini dapat pula bersifat aspiratif, yaitu satu guguk yang mempunyai satu profesi atau kedudukan yang sama, seperti guguk Pengulon, pemukiman para pendahulu dan alim ulama disekitar Mesjid Agung.
Demikian pula dengan kedemangan, wilayah dimana tokoh demang tinggal, ataupun kebumen yaitu tempat tempat dimana Mangkubumi menetap. Disamping ada wilayah-wilayah dimana kelompok tertentu bermukim, seperti Kebangkan adalah pemukiman orang-orang dari Bangka, Kebalen adalah pemukiman orang-orang dari Bali.Setelah Palembang dibawah adminstrasi kolonial, maka oleh Regering Commisaris J.I Van Sevenhoven sistem perwilayahan guguk harus dipecah belah. Pemecahan ini bukan saja memecah belah kekuatan kesultanan, juga sekaligus memcah masyarakat yang tadinya tunduk kepada sistem monarki, menjadi tuduk pada administrasi kolonial. Guguk dijadikan beberapa kampung. Sebagai kepala diangkat menjadi Kepala Kampung, dan di Palembang dibagi menjadi dua wilayah, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Untuk mengepalai wilayah tersebut diangkat menjadi Demang. Demang adalah pamongraja pribumi yang tunduk kepada controleur. Kota Palembang pada waktu itu terdiri dari 52 kampung, yaitu 36 kampung berada di seberang ilir dan 16 kampung di seberang Ulu. Kampung-kampung ini diberi nomor yaitu dari nomor 1 sampai 36 untuk seberang ilir, sedangkan seberang ulu dari 1 sampai 16 ulu.Pemberian nomor-nomor kampung ini penuh semangat pada awal pelaksanaannya, tetapi kemudian pembagian tidak berkembang malah menyusut. Pada tahun 1939 kampung tersebut menjadi 43 buah, dimana 29 kampung berada diseberang ilir dan 14 kampung berada di seberang ulu.
Dapat diperkirakan penciutan adminstratif kampung ini karena yang diperlukan bukannlah wilayahnya, tetapi cacah jiwanya yang ada kaitan dengan pajak kepalanya. Sehingga untuk itu digabungkanlah beberapa kampung yang cacah jiwanya minim, dan cukup dikepalai oleh seorang Kepala Kampung.Oleh karen Kepala Kampung hanya mengurus penduduk pribumi, maka untuk golongan orang Timur Asing, mereka mempunyai Kepala dan wijk tersendiri. Untuk golongan Cina, kepalanya diangkat dengan kedudukan seperti kepangkatan militer, yaitu Letnan, Kapten dan Mayor. Demikian pula dengan golongan Arab dan Keling (India/Pakistan) dengan kepalanya seorang Kapten. Untuk kedudukan kepala Bangsa Timur Asing, biasanya dipilih berdasarkan atas pernyataan jumlah pajak yang akan mereka pungut dan diserahkan bagi pemerintah disertai pula jaminan dana begi kedudukannya.Pemerintah Kota Palembang pada 1 April 1906 menjadi satu Stadgemeente. Satu pemerintahan kota yang otonom, dimana dewan kota yang mengatur pemerintahan. Penduduk menyebut pemerintah kota ini adalah Haminte. Ketua Dewan Kota adalah Burgemeester (Walikota), dia dipilih oleh anggota Dewan Kota. Anggota Dewan Kota dipilih oleh penduduk kota.Sebenernya pemerintah kota bukanlah dibentuk untuk tujuan utama memenuhi kepentingan pribumi, akan tetapi lebih kepada kepentingan para pengusaha Barat yang sedang menikmati liberalisasi. Karena dampak liberalisasi menjadikan kota sebagai pusat atau konsentrasi ekonomi, baik sebagai pelabuhan ekspor, industri, jasa-jasa perdagangan dan menjadi markas para pengusaha.
Di Era Zaman Jepang

Dizaman penduduk Jepang (1942-1945), secara struktural tidak ada perubahan kedudukan kepala kampung. Hanya gelarnya saja yang berubah, yaitu menjadi Ku - Co dan mereka dibawah koordinasi Gun - Co. Tugasnya dititik beratkan pada pembangunan ekonomi peperangan Jepang. Untuk merapatkan barisan dikalangan penduduk, diperkenalkan suatu sistem lingkungan Jepang, Tonari - Gumi, yaitu Rukun Tetangga yang meliputi setiap 10 rumah di suatu kampung. Tonari - gumi dipimpin oleh seorang Ku - Mi - Co (Ketua RT).
Kegiatan Pembangunan yang Menonjol
Masa Kerajaan Sriwijaya

Pusat pemerintahan dan pemukiman terletak di bagin barat kota Palembang. Bentuk pembangunan yang dilakukan berupa :
  1. Tata ruang dan saluran air serta pengurukan dan penimbunan daerah rawa (di Kelurahan Karang Anyar, kelurahan Bukit Lama dan Kecamatan Seberang Ulu I), baik bentuk istana, pemukiman warga maupun tempat ibadah.
  2. Bangunan tempat ibadaha berupa Vihara dan kelengkapannya.
  3. Pembangunan pelabuhan, serta sarana Transportasi.
  4. Pembangunan Istana serta rumah-rumah tempat tinggal penduduk, baik diatas daratan, maupun di atas sungai berupa rakit dan rumha bertiang di atas rawa.
  5. Pembangunan industri antara lain industri manik-manik di Ilir Barat.
  6. Pembangunan Taman Srisetra dibagian barat kota (Prasasti Karang Tuo).
  7. Masa Kesultanan Palembang

    Pusat pemerintahan pada awal kebangkitan, di bagian timur kota palembang (di sekitar PT. PUSRI dan Kelurahan I Ilir). Kemudian setelah hampir satu abad pindah ke bagian tengah di Kelurahan 19 Ilir, bentuk pembangunan yang dilakukan berupa :
  8. Keraton/Istana Kuto Gawang (PT Pusri I Ilir), Kuto Lamo dan Kuto Besak (Kelurahan 19 Ilir).
  9. Benteng pertahanan (pemasangan lantai di Sungai Musi untuk menghalangi kapal musuh).
  10. Mesjid (di I Ilir, Beringin Janggut dan Mesjid Agung 19 Ilir).
  11. Pelabuhan dan tempat penambatan angkutan sungai.
  12. Makam raja-raja Palembang.
  13. Penataan tata ruang kota (seperti Kepandean, Sayangan, Kebumen, Depaten).
  14. Pembangunan oleh masyarakat (klenteng, rumah limas, industri rumah tangga tenunan, ukiran, dll)
Masa Penjajahan Belanda

Berdasarkan catatan pelaksanaan pembangunan kota yang berencana baru di mulai pada awal terbentuknya pemerintahan kota di tahun 1900-an, seperti dibawah ini :
  1. 30 September 1918 Pemerintah Kota menetapkan tentang pendirian dan pembongkaran bangunan, yaitu Verordening op het bouwen en sloopen in de Gemeente Palembang.
  2. 1935 diterbitkan Bouwverordening der Gemeente Palembang berupa Standsplan (Rencana Tehnik Ruang Kota), yang kemudian dengan diterbitkannya peta rencana, peta situasi atau peta penggunaan tanah (detail plan).
1906 - 1935


1256977178.jpgPerencanaan dan pelaksanaan pembangunan kota Palembang antara 1906-1935 adalah sebagai berikut :
  • Pembelian lapangan-lapangan untuk menimbun bahan bangunan.
  • Pembuatan Jembatan Sungai Ogan.
  • Perbaikan Jalan Seberang Ulu dari Ogan ke Plaju melalui 10 Ulu (Jl. KH. Azhari).
  • Pembuatan medan lalu lintas dekat 10 Ulu dan Tengkuruk.
  • Menyediakan lapangan-lapangan untuk lanjutan jalan kereta api Sum-Sel dari Kertapati ke Seberang.
  • Menyediakan Lapangan pelabuhan di Seberang Ulu.
  • Pendalaman alur sungai Musi.
  • Perbaikan jalan dengan pembuatan jalan - jalan tembus dan pelebaran jalan antara Pelabuhan Tengkuruk - talang Jawa; Jl. Gevangenis (Jl. Lembaga Pemasyarakatan) - Boom Baru.
  • Perbaikan tempat-tempat berlabuh untuk kapal-kapal sungai di 19 Ilir ( Pelabuhan/ponton).
  • Penyediaan tempat transit yang mendesak dari Kertapati (titik ujung jalan kereta api Sum-Sel) yang dapat dicapai oleh kapal-kapal laut, yang mengambil batubara dari tambang bukit asam.
  1. Realisasi stands plan (Master Plan Kota) Kota Palembang. Ini adalah penetapan lokasi-lokasi :
  1. Industrial estate di daerah Sungai Gerong dan Plaju.
  2. Real Estate di Talang Semut.
  3. Sistem Ring and Radial bangunan jalan kota (yang saat itu baru sampai di Talang Grunik sebagai lingkar II) Jl. Kapten Arivai dan Jl. Veteran sekarang).
  1.  




Cara menhapal Rumus Kimia Praktis

mau tau cara menhghapal rumus kimia dengan mudah ??? 
cara gampang kok cuma kata- katanya ja disingkat dan hubungkan dengan benda atau perumpamaan yang mudah diingat
1. Unsur golongan 1A (Alkali)
1. H
2. Li
3. Na
4. K
5. Rb
6. Cs
7. Fr
Jembatan Keledai :
Hiiii (seereeeemmm), Lina Kok RaiB! Calon Suaminya FRustasi!
Haji Lina Naik Kuda Rebutan Ciuman sama Frans
Jawa : Halina Karo Robi Cs-se Francis
1. Bayangin Lina raib diculik alien, calon suaminya (CS) frustasi! 2. Bayangin Lina raib melarikan diri karena dipaksa kawin, calon suaminya (CS, datuk meringkih) frustasi! Untuk mengetahui bahwa mantra di atas adalah untuk 1A (Alkali), bayangin lina diculik/melarikan diri berenang kali Arab (Al-Kaliy), hihihihi… Jadi, setiap kali Anda mendengar Alkali, Anda harus membayangkan betapa ngerinya kali Arab (Hiii, sereeeeeemm…). Ekspresi adalah penting dalam mengingat, jika Anda mengucapkan hi, serem tanpa ekspresi, Anda akan dengan mudah melupakan mantra di atas. Tapi jika Anda benar-benar mengekspresikan kengerian kali Arab (Alkalin) dengan bergidik bilang “Hiiiii sereeeeeeeeem…. ” mantra di atas akan lebih mudah untuk diingat. Berlatihlah dengan teman-teman Anda, jadikan ekspresi paling seram teman Anda sebagai jembatan pengingat, itung-itung latihan jadi aktor/aktris, siapa tau ada yang ngambil jadi sinetron. Kalo nggak punya teman, bayangin Komeng Si Uhuuy yang ketakutan dan bilang Hiii, sereeeeeeeemmm….
1. Unsur Golongan 2A (Alkali Tanah)
1. Be
2. Mg
3. Ca
4. Sr
5. Ba
6. Ra
Jembatan Keledai :
Jawa : Bebek Mangan Cacing Seret Banget Rasane
Bebek Mangan Cacing kesrempet Ban Radial
Bindeng : Bebek Ma(k)an Cacing Seret Banget Rasanya
Ketika pilek, susah banget bilang “K”, jadinya “K” dibilang “NG”
Untuk mengetahui bahwa mantra di atas adalah untuk 1A (Alkali Tanah), bebeknya makan cacing tanah di kali Arab, bukan cacing udara (pernah melihat cacing udara? mereka tinggal di luar angkasa pake masker oksigen buat bernafas)
1. Unsur Golongan 3A (Boron)
1. B
2. Al
3. Ga
4. In
5. Tl
Jembatan Keledai :
Balga Intel! (lembaga intel intelnacionale)
Bu Ali Ga Intelek (yang intelek ya di sini, ga di bali)
Bolly Gally Indie? Taali Taali Taaaalihe… (mantranya orang india kalau sedang nari di tiang listrik sama kalo ketemu pohon)
Untuk mengingat mantra di atas adalah untuk Boron, bayangin Pemborong atau Burung dengan salah satu dari mantra di atas.
1. Unsur Golongan 4A (Carbon)
1. C
2. Si
3. Ge
4. Sn
5. Pb
Jembatan Keledai :
Cewek Si Gendut Sedang Pub (pub = puang aer besar)
Jawa : Cewek Si Gendut Seneng Plembungan (plembungan : balon)
Cah Sing Gendut Seneng Plembungan (plembungan : balon, gembung)
1. Unsur Golongan 5A (Pnictogen)
1.
1. N
2. P
3. As
4. Sb
5. Bi
Jembatan Keledai :
Nenek Pacaran Asyik Sabet (sepet) Bibir (nenek sama kakek ciuman)
1. Unsur Golongan 6A (Kalkogen)
1. O
2. S
3. Se
4. Te
5. Po
Jembatan Keledai :
OS! Se To Po! (lagi latihan Ju-jitsu)
nakal : Oh, Sayaaang, sss-sss-SeToP! (setop mobilnya! lampu udah merah)
Kalkun sedang latihan Ju-jitsu, baru beri hormat langsung berhenti: OS (hormat)! Se To Po (berhenti)!
1. Unsur Golongan 7A (Halogen)
1. F
2. Cl
3. Br
4. I
5. At
Jembatan Keledai :
Fuiiiwwwiiit, Color Biru Itu Antik, euy!
1. Unsur Golongan 8A (Gas Mulia)
1. He
2. Ne
3. Ar
4. Kr
5. Xe
6. Rn
Jembatan Keledai :
Heebaaaaaaaaat (tepuk tangan dong), Negara Arab Kereeeeeeeeeen, seXeeeeeeee Ratunyaaaaaaaaaaaaaa….
Heboh Negara Argentina Karena Xenia ditukar Ranjang
Bukankah lebih mudah kalo pake cara ini?…