Minggu, November 18, 2012

Tips Berbicara Di Depan Umum

Assalammualikum WR WB
Cara Berbicara Di Depan Umum


Berbicara di depan umum sering kali menjadi momok bagi banyak orang. Mereka bilang berbicara di depan umum itu adalah hal yang sulit dan hanya bisa di lakukan dengan baik oleh orang yang mempunyai bakat lenguistik yang tinggi. Apakah anggapan itu benar?

Terlepas dari benar dan tidaknya anggapan tersebut, yang perlu anda ketahui adalah tidak ada yang sulit jika anda mau belajar dan mencoba. Sulit itu hanya berlaku bagi mereka yang tidak mau belajar dan mencoba. Sekarang coba tanyakan pada diri anda, apa yang membuat anda merasa sulit berbicara di depan umum?

Sekarang coba anda jawab pertanyaan berikut untuk bisa menjawab pertanyaan di atas dengan tepat!

Apakah anda selalu merasa tidak percaya diri dengan kemampuan anda?

Apakah anda takut salah?

Apakah anda merasa tidak punya banyak pengetahuan?

Apakah anda takut di ketawain atau di ejek saat anda tampil di depan?

Jika jawaban anda “YA” maka berbahagialah anda bisa menemukan artikel ini. Dalam artikel ini saya akan mencoba memberikan solusi bagi anda terkait dengan bagaimana berbicara di depan umum secara lebih percaya diri.

Cara meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum

Sebenarnya cara yang akan saya beritahukan kepada anda bukan cara baru dan juga bukan cara yang instan, karena menurut saya untuk bisa berbicara di depan umum dengan baik di butuhkan sebuah proses. Hanya ada beberapa yang ingin saya sampaikan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Memperluas wawsan dengan banyak membaca

Membaca adalah aktivitas yang akan membuka cakrawala dan pengetahuan anda terhadap dunia. Terbatasnya jangkauan diri kita terhadap peristiwa-peristiwa di dunia, hanya bisa di jangkau dengan membaca. Selain mendapatkan informasi tentang berbagai peristiwa, membaca juga mampu meningkatkan pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal, karena membaca akan memperkaya kosa kata dan kekuatan kata-kata. Meningkatnya pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal akan sangat mendukung dalam meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.

2) Tersedia forum untuk berlatih mengekspresikan diri

Apa yang sudah anda pelajari harus dipraktekkan. Dari itu anda membutuhkan sarana untuk mengekspresikan diri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anda. Sarana-sarana tersebut sebenarnya sangat banyak. Di sekolahan atau kampus diskusi kelompok atau kegiatan organisasi sekolah bisa di jadikan sarana untuk melatih kemampuan tersebut. Jika anda sebagai anggota masyarakat, anda bisa berlatih melalui organisasi masyarakat yang ada. Manfaatkan sarana tersebut semaksimal mungkin

3) Berani mencoba

Keberanian akan menjadi titik akhir dari keberhasilan anda dalam meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Apa yang sudah anda upayakan sebelumnya akan sia-sia saja jika anda tidak berani untuk mencoba. Jangan pernah takut untuk di nilai oleh orang lain, karena dengan penilaian dari orang lain, akan semakin memacu anda untuk menampilkan yang terbaik. Saya yakin tidak ada orang yang mau dinilai buruk oleh orang lain, tapi percayalah sesuatu yang baik akan di mulai dari hal buruk.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya cara di atas bukan cara instan, karena menurut saya memang tidak ada cara yang instan untuk mencapai keberhasilan. Yang terpenting hanya satu “Action”. Mulai detik ini mulailah untuk menyempatkan waktu membuka menambah wawasan dengan banyak membaca, aktif di organisasi sekolah, masyarakat dan forum diskusi serta jangan takut-takut untuk mencoba.

Tidak ada komentar: