Senin, Februari 18, 2013

Assalammualikum WR WB


Bunga Raflessia Mekar Sempurna di Gunung


TABA PENANJUNG- Penghujung tahun 2012 dan mengawali awal tahun baru 2013, Bunga Rafflessia (Rafflessia Arnoldi) yang menjadi kebanggaan masyarakat Bengkulu Tengah (Benteng) mekar lagi. Tiga bunga Rafflesia mekar di sekitar kawasan Objek Wisata Gunung liku Sembilan Desa Tanjung Heran Taba Penanjung.
Pertama di dekat taman yang dekat rumah makan kilometer 41 yang sudah mulai layu. Kedua mekar di kilometer 45 yang saat ini lagi sempurna mekarnya. Ketiga bongkol yang baru menanda akan mekar dan diprediksi sekitar tahun baru sempurna mekarnya yang tidak jauh dari kilometer 45.
Dwizar warga Tanjung Heran dan selaku penjaga bunga Rafflessia mengaku sejak mekarnya bunga di kilometer 45 sempurna dan terlihat besar, jadi sasaran pengunjung dari berbagai daerah yang libur natal dan tahun baru. “Mekarnya sekitar pukul 10.00 Wib tadi pagi, banyak pengunjung yang datang dan jaraknya dekat dengan tepi jalan,” ujar Dwizar.
Jika dihitung-hitung ada sekitar 200 pengunjung yang datang dari Jambi, Medan, Aceh, Palembang, Padang, Lubuk Linggau dan Jakarta. Penjaga yang repot menerima pengunjung terpaksa mengatur barisan antri bagi yang mau mengabadikan kenangan foto bersama yang dekat dengan bunga Rafflesia. “Pengunjung diminta tidak boleh memegang bunga yang mekar itu,” katanya.
Dikatakan Dwizar, bunga Rafflesia yang mekar di kilometer 45 diperkirakan akan bertahan sekitar beberapa hari dan sangat tepat momennya selama liburan Natal, ditambah bongkol yang akan mekar tepat tahun baru. “Kalau liburan Natalan, saya rasa masih bisa pengunjung melihat bunga serta foto bersama, termasuk tahun baru ada 1 lagi mekar,” imbuh Dwizar.
Tambah Herman teman Dwizar, untuk menjamin bunga tidak dirusak pengunjung yang datang atau warga yang berniat buruk. Terpaksa malam hari dijaga, hingga pagi ini akan dibuatkan pagar khusus, agar bunganya lebih aman. “Hari ini bunga dapat dilihat bebas, kalau besok (hari ini,red) terpaksa dari luar pagar, dan kami akan jaga agar tidak dirusak,” tegas Herman.
Salah satu pengunjung dari Medan, Tambunan mengatakan baru pertama kali melihat dan mendekati bunga Raflessia. Secara kebetulan mampir di lokasi bunga yang sedang mekar, karena mau berlibur selama 1 minggu di Bengkulu. “Anak-anak dan istri kagum melihat bunga yang besar bernama Rafflessia itu, momentnya sangat tepat sekali pas liburan,” tegas Tambunan. (rif)

Tidak ada komentar: